Iwan Mukhtar

Iwan Mukhtar

Wordpress Developer yang sudah banyak membantu lebih dari 37 klien dalam pembuatan berbagai jenis website

10 Tips Meningkatkan Kecepatan Website

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bagi Anda yang telah memiliki website resmi untuk perusahaan atau pun untuk memasarkan produk/jasa, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kecepatan website. Selain konten dan desain website, kecepatan dari website rupanya juga berpengaruh pada lalu lintas website, lho!

Terutama dalam meningkatkan dan menggaet para customer. Terkait dengan kecepatan pada website, hal satu ini juga berdampak pada kredibilitas website yang Anda miliki. Terutama bagi yang ingin menampilkan website perusahaan di laman pertama pencarian melalui Google.

Nah, apa saja sih yang bisa Anda lakukan untk meningkatkan kecepatan website? Berikut 10 tips yang disarankan oleh Awan Design dalam meningkatkan kecepatan website:

1.     Meminimalisir Permintaan HTTP

Menurut Yahoo, 80% dari waktu loading pada sebuah website ternyata digunakan untuk memuat atau mengunduh beberapa bagian pada page. Misalnya saja seperti gambar, stylesheet hingga script. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminimalisir loading yang bisa Anda atur menggunakan Developer Tools.

2.     Mengurangi Jumlah atau Menggabungkan File yang Ada

Mengurangi jumlah atau menggabungkan beberapa file menjadi satu rupanya juga dapat mengurangi ukuran file tersebut. Ukuran file yang berkurang secara otomatis akan meningkatkan kecepatan website Anda. Salah satu cara yang praktis yang biasa digunakan pada website milik WordPress adalah dengan memasang plugin WP Rocket.

3.     Gunakan Asynchronous Loading untuk CSS dan JavaScript

Mengaktifkan cara loading secara asynchronous menjadi salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kecepatan website. Apalagi loading tipe ini akan menampilkan page dari atas ke bawah.

4.     Menunda Pemuatan JavaScript

Cara satu ini akan membantu page menampilkan elemen website satu per satu yang tentu saja lebih cepat dan menjadikan website tidak lemot.

5.     Meminimalisir TTFB

Google sangat menyarankan untuk menggunakan TTFB tidak lebih dari 200 mikro detik untuk mengoptimalkan kecepatan dan performa website.

6.     Mengurangi Waktu Respon dari Server

Gunakan DNS provider yang lebih cepat untuk meminimalisasi waktu pemuatan website Anda.

7.     Memilih Hosting yang Tepat

Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus mempertimbangkan masalah hosting. Terdapat tiga macam hosting, seperti: shared hosting, VPS hosting, dedicated server yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

8.     Mengaktifkan Gzip

Mengaktifkan Gzip pada website juga menjadi salah satu cara untuk meminimalisir ukuran elemen atau pun file pada website. Gzip sendiri dapat dipasang pada website berbasis CSS dan HTML.

9.     Mengurangi Ukuran Gambar yang Ditampilkan

Penggunaan gambar dengan kualitas terbaik memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi website. Sayangnya, gambar yang berkualitas ternyata memiliki ukuran yang besar dan dapat membuat kecepatan website melambat.

10. Gunakan Sebuah CDN

Penggunaan CDN ternyata dapat menyimpan website pada server global. Tidak hanya itu saja, saat ada user memuat file pada website, maka permintaan tersebut akan secara otomatis dialihkan ke server terdekat yang lebih menghemat waktu.

Beberapa tips di atas dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan pada website. Apalagi kecepatan website sangat mempengaruhi sebarapa banyak customer yang akan mengunjungi dan membeli produk, lho! Maka dari itu, jangan sampai kecepatan website justru mengecewakan dan membuat kabur para customer, ya!

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.

Cara Meningkatkan Traffic di Website

Traffic pada website merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan pertumbuhan bisnis. Tidak heran jika traffic  pada website menjadi hal penting

SIAP KEMBANGKAN BISNIS ANDA

Pilih paket sesuai kebutuhan projek Anda

Basic

Rp 2,5 jt Worked in : 7 Days
  • One Page
  • < 10 Section
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*

Professional

Rp 5,9 jt
Worked in : 30 Days
  • 5-10 Pages
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*
  • Gratis Hosting 1GB*
Popular

Enterprise

Rp 9,5 jt
Worked in : 60 Days
  • 15-20 Pages
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*
  • Gratis Hosting 2GB*

Syarat & Ketentuan:
*Domain & hosting gratis berlaku untuk 1 tahun pertama. Tidak berlaku untuk perpanjangan tahun berikutnya.

Berlangganan Newsletter

Ingin belajar banyak tentang cara membangun brand?  Daftarkan email Anda di sini dan dapatkan tips dan artikel setiap minggunya.