Iwan Mukhtar

Iwan Mukhtar

Wordpress Developer yang sudah banyak membantu lebih dari 37 klien dalam pembuatan berbagai jenis website

Jenis-Jenis Website yang Harus Anda Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bicara mengenai website, siapa yang menyangka jika salah satu media yang digunakan untuk menawarkan produk ini ternyata memiliki jenis yang sangat beragam. Bahkan, jika diamati, setiap perusahaan ternyata menggunakan jenis website yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan jenis website tentu saja juga menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan bagi pihak yang akan memasarkan produknya secara online. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa saja sih jenis-jenis website yang ada saat ini dan yang paling sesuai dengan perusahaan Anda, seperti:

1.     E-commerce Website

Website satu ini merupakan situs yang digunakan untuk melakukan kegiatan jual-beli secara langsung. Contoh dari e-commerce website yang ada dan dikenal oleh masyarakat Indonesia, misalnya saja seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak hingga Lazada.

2.     Business Website

Jenis website lainnya yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan adalah business website. Website jenis ini biasanya dilengkapi dengan logo dari suatu perusahaan untuk merepresentasikan produk yang ditawarkan. Baik berupa produk atau jasa. Bicara mengenai business website, e-commerce ternyata juga menjadi salah satu bagian di dalamnya. Kendati demikian, tidak semua business website memfasilitasi adanya kegiatan jual-beli.

3.     Entertainment Website

Seperti namanya, jenis website satu ini memang dibuat untuk menyediakan hiburan bagi para customer. Beberapa contoh dari entertainment website, antara lain seperti Kapanlagi, Merdeka, Hipwee, Mojok atau pun Liputan6. Kendati demikina, ternyata hampir semua entertainment websites juga bertujuan untuk menghasilkan uang lewat pemasangan iklan yang muncul di dalamnya.

4.     Portfolio Website

Website satu ini biasa digunakan oleh pebisnis atau pun perusahaan yang menawarkan jasa. Kendati demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan atau pelaku bisnis yang menawarkan produknya untuk menggunakan jenis website satu ini.

Seperti namanya, website satu ini biasanya digunakan untuk menampilkan hasil kerja atau portofolio yang telah diselesaikan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, banyak para freelancer yang rupanya lebih senang menggunakan website jenis ini untuk menggaet mitra dan klien, lho!

5.     Media Website

Kendati terlihat serupa dengan entertainment website, media website memiliki susunan yang lebih kompleks. Tidak hanya menyediakan konten yang menghibur, pada jenis website satu ini, Anda juga dapat menemukan beragam konten yang lebih beragam dan menambah pengetahuan. Mulai dari berita hingga laporan jurnal yang dikemas dalam bentuk  e-news, e-magazine, hingga TV channel.

6.     Brochure Website

Ragam website lain yang juga termasuk ke dalam kelompok business website adalah brochure website. Website satu ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari business website. Apalagi mengingat elemen dari website ini yang hanya menampilkan representasi produk dan perusahaan secara singkat, padat dan jelas. Tidak hanya itu saja, tambahan elemen yang kerap ditemui pada brochure website adalah halaman yang berisi informasi kontak perusahaan.

Apa pun jenis website yang akan Anda pilih nantinya, pastikan sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih hosting yang tepat untuk mendukung aktivitas website dengan optimal.

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.

Perbedaan Homepage dengan Landing Page

Website menjadi salah satu media yang sangat populer dan memberikan dampak besar bagi perusahaan yang ingin menjual produk atau jasanya. Kendati demikian,

10 Tips Meningkatkan Kecepatan Website

Bagi Anda yang telah memiliki website resmi untuk perusahaan atau pun untuk memasarkan produk/jasa, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kecepatan website. Selain

SIAP KEMBANGKAN BISNIS ANDA

Pilih paket sesuai kebutuhan projek Anda

Basic

Rp 2,5 jt Worked in : 7 Days
  • One Page
  • < 10 Section
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*

Professional

Rp 5,9 jt
Worked in : 30 Days
  • 5-10 Pages
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*
  • Gratis Hosting 1GB*
Popular

Enterprise

Rp 9,5 jt
Worked in : 60 Days
  • 15-20 Pages
  • Responsive
  • CMS Wordpress
  • Gratis Domain*
  • Gratis Hosting 2GB*

Syarat & Ketentuan:
*Domain & hosting gratis berlaku untuk 1 tahun pertama. Tidak berlaku untuk perpanjangan tahun berikutnya.

Berlangganan Newsletter

Ingin belajar banyak tentang cara membangun brand?  Daftarkan email Anda di sini dan dapatkan tips dan artikel setiap minggunya.